Hmi Komisariat persiapan FEBI IAIN Purwokerto "kuliah online" ditengah merebaknya virus corona

Example blog post alt

|| Notulensi Ngobrol Online HMI FEBI ||

Dengan adanya surat edaran Rektor No: 002 Tahun 2020 Tentang Kewaspadaan Dini, Kesiapsiagaan, dan Tindakan Antisipasi Pencegahan Infeksi Covid-19 di Lingkungan IAIN Purwokerto, maka hal ini berpengaruh dalam proses kegiatan akademik, khususnya perkuliaham rutin.



Saat ini, kegiatan perkuliahan dilakukan secara online/ daring/ e-learning/ online learning yang oleh Mahasiswa IAIN Purwokerto disebut dengan "Kuliah Online".



Kuliah Online tersebut, dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan, dan setelah kurang lebih Tujuh Hari melakukan Kuliah Online, ada beberapa hal yang bisa menjadi evaluasi sekaligus bahan diskusi elemen mahasiswa yang lain, yaitu:



Pertama, koneksi dan akses internet yang masing-masing Mahasiswa berbeda kualitasnya, sehingga, jikapun Mahasiswa harus mencari akses internet yang murah dan stabil harus berpergian mencari akses Wi-Fi atau sejenisnya, sehingga secara tidak langsung, hal ini akan meningkatkan persebaran Covid-19.



Kedua, media aplikasi yang kurang efektif untuk pembelajaran, harus dilakukan penyamaan media aplikasi yang dipakai agar efektivitas dan efisiensi pembelajaran bisa terwujud. Apalagi, berdasarkan penuturan beberapa Kader, jadwal kuliah menjadi tidak menentu dan tidak sesuai jadwal perkuliahan asli. Sehingga beberapa kali terjadi waktu kuliah yang bersamaan antara mata kuliah satu dengan lainnya.


Ketiga, ada tugas yang harus dilakukan secara berkelompok padahal kita harus #dirumahaja. Artinya, upaya mencegah penyebaran #covid19 juga tidak efektif.


Keempat, terkait dengan tugas kuliah yang meningkat, karena hampir semua dosen memberikan tugas sebagai ganti tidak adanya pertemuan kuliah secara langsung, harus kita lihat dari sudut pandang yang positif, bahwa dengan banyaknya tugas, Mahasiswa secara tidak langsung belajar mandiri dan membaca semakin banyak, sehingga akan lebih banyak ilmu yang diserap


Pada akhirnya, dalam menghadapi #covid19, kita harus tetap optimistis, khususnya dalam proses belajar sebagai Mahasiswa, sehingga, waktu luang yang tersedia dirumah atau di Pondok Pesantren bisa dimaksimalkan untuk hal produktif.


Untuk menghadapi problem diatas, ada rekomendasi kebijakan yang mungkin bisa diambil oleh Pimpinan IAIN Purwokerto, seperti yang dilakukan oleh Universitas Negeri Solo (UNS), bisa kawan-kawan baca dan kita diskusikan lebih lanjut untuk kebaikan kita bersama dalam menghadapi #covid19 dan solusinya untuk dunia pendidikan, berikut adalah link yang bisa kawan-kawan lihat sebagai bahan referensi


bit.ly/2Uh4vJK

.......
Notulen Ngobrol Online HMI Komisariat Persiapan FEBI IAIN Purwokerto


Penulis:Khikmatul Amaliyah


Oleh Admin | Selasa, 24 Maret 2020 - 16:06 WIB

Belum ada komentar

Tinggalkan Komentar